Thursday 8 September 2016

Awal mula Game Boy

consolle game Gameboy original sampai Gameboy color



Pasti anak 90's sudah akrab dengan salah benda ini yang selalu menemani perjalanan temen-temen, yang biasanya memainkan game Pokemon, Mungkin temen-temen sudah sering memainkan console ini tapi kebanyakan belum mengetahui awal mula console ini tercipta dari Game Boy Original samapi menjadi Game Boy Color, yuk kita baca sama-sama




Game Boy (ゲームボーイ Gēmu Bōi?) merupakan konsol permainan video yang dikembangkan dan diproduksi Nintendo, diedarkan pada tahun 1989.  Game Boy merupakan sistem game tangan kedua Nintendo setelah Game & Watch yang diperkenalkan pada tahun 1980. Perancangnya adalah Gunpei Yokoi dan tim Nintendo Research & Development 1, yang juga merupakan perancang Game & Watch. Jika dijumlahkan, Game Boy dan Game Boy Color telah terjual sebanyak 118,69 juta unit di seluruh dunia.

Game Boy awalnya digabung dengan permainan puzzle Tetris.

Selama masa awal Game Boy terutama bersaing dengan Sega Game Gear, Atari Lynx, dan NEC TurboExpress. Game Boy mengalahkan para pesaingnya dan menjadi sukses luar biasa.  Game Boy dan penggantinya, Game Boy Color, memiliki keduanya dikombinasikan menjual 118.690.000 unit di seluruh dunia. Setelah dirilis di Amerika Serikat, itu menjual seluruh pengiriman nya dari satu juta unit dalam beberapa minggu


consolle game Gameboy original sampai Gameboy color

Game Boy memiliki empat tombol operasi bertuliskan "A", "B", "SELECT", dan "START", serta directional pad. Ada dial pengatur volume di sisi kanan dari konsol dan knob yang sama di sisi kiri untuk menyesuaikan kontras. Di bagian atas game Boy, saklar geser on-off dan slot untuk game kartrid Boy berada. Switch on-off termasuk fisik lockout untuk mencegah pengguna dari salah memasukkan atau mengeluarkan cartridge sementara unit diaktifkan. Nintendo merekomendasikan pengguna meninggalkan kartrid dalam slot untuk mencegah debu dan kotoran dari memasuki sistem.

Di sisi kanan perangkat ini terdapat port yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke sistem lain Game Boy melalui link kabel, baik yang disediakan pengguna memainkan game yang sama. Port juga dapat digunakan untuk menghubungkan Printer Game Boy. Kabel Link awalnya dirancang untuk pemain untuk bermain head-to-head dua pemain game seperti di Tetris. Namun, pengembang game Satoshi Tajiri kemudian akan menggunakan teknologi kabel penghubung sebagai metode komunikasi dan jaringan di Pokemon seri video game populer

Game Boy sudah melakukan perubahan generasi ke generasi:


GAMEBOY, THE ORIGINAL (1989)



consolle game Gameboy original sampai Gameboy color


Diluncurkan di Jepang 21 April 1989 dengan harga US$.89, merupakan penyempurnaan dari game handheld tahun 80'an Game & Watch digabungkan dengan game console NES (terkenal dengan sebutan Nintendo di Indonesia), meskipun tampilan layarnya masih hitam putih.
Penjualan console handheld ini sangat sukses di dunia, terjual sebanyak US$ 118 juta unit diseluruh dunia.

Pada tanggal 3 September 1996, Nintendo mengeluarkan model lain masih dengan layar hitam putih yaitu Gameboy Pocket, dan pada tanggal 14 April 1998 mengeluarkan model Gameboy Light, yang hanya released di Jepang.

GAMEBOY POCKET (1996)



consolle game Gameboy original sampai Gameboy color


Di released pada tahun 1996 Game Boy pocket spesifikasinya sama dengan Game Boy original, tetapi bentuknya lebih kecil, lebih ringan dan batereinya lebih tahan lama.

Dengan memakai 2 baterei tipe AAA, lebih sedikit dari yang original ( 3 baterei tipe AA ) dapat dimainkan kurang lebih 10 jam waktu main. Bisa dikatakan Game pocket adalah "redesign" dari Game boy Original.

GAMEBOY LIGHT (1998)


consolle game Gameboy original sampai Gameboy color


Di luncurkan pada tanggal 14 april 1998, dengan spesifikasi tambahan berupa cahaya yang dapat bersinar di layarnya, yang berguna untuk bermain di bawah sinar yang redup atau gelap tanpa memerlukan bantuan dari cahaya luar yang dinamakan "Electroluminescent backlight". Memakai 2 batere tipe AA, yang cukup untuk memainkan 20 jam nonstop.

GAMEBOY COLOR (1998)


consolle game Gameboy original sampai Gameboy color


Di released pada tanggal 21 Oktober 1998,adalah jawaban dari developer atas keinginan "pasar" game untuk membuat konsol genggam yang canggih, akhirnya dengan tampilan layar berwarna membuat perubahan yang signifikan terhadap tampilan Game boy itu sendiri. Bentuknya lebih kecil daripada Game boy Original, tetapi lebih besar dan panjang daripada Game Boy Pocket. Kemunculan Game Boy Color ini mengungguli penjualan kompetitor game handheld layar berwarna lainnya seperti SEGA GameGear dan Atari Lynx.

Kira-kira begitu lah penjelasan dari sejarah Game Boy sendiri, nanti kita lanjutkan dengan generasi Game Boy selanjutnya.

No comments:

Post a Comment