Wednesday 26 October 2016

Konsol Terbaru Nintendo Switch


Kabar gembira bagi para gamers, Salah satu pabrik game asal Jepang mengeluarkan konsol barunya


Mungkin kebanyakan dari kita sudah melihat bentuk aslinya dari video "First Look at Nintendo Switch" yang di unggah langsung dari Nintendo.

Kurang lebih satu setengah tahun rumor mengenai konsol misterius dari Nintendo beredar. Selama itulah Nintendo selalu diam tentang konsolnya. Kini, tanpa malu-malu, produsen game raksasa Jepang ini resmi memperlihatkannya.

Bukan NX yang telah banyak dirumorkan oleh banyak orang. Nintendo memberi nama pada konsol terbarunya adalah Nintendo Switch.


Seperti yang mereka umummkan sebelumnya, Nintendo akhirnya memperlihatkan bentuk pertama Nintendo Switch. Lewat teaser yang berdurasi 3 menit, Ini adalah sebuah produk HYBRID antara konsol dan handheld di saat yang sama. Jika kamu ingin mencicipinya di layar lebar, kamu tinggal memasangnya di sebuah docking. Bila ingin menjadikannya sebagai perangkat mobile kamu tinggal mencabut kontrolernya dan membawa si “mesin utama” yang juga datang dengan layar terpisah, Sehingga Anda bisa memainkan game ini kapan pun dan di mana pun.


Mesin utama Nintendo Switch menyerupai sebuah tablet yang oleh Nintendo disebut Switch Console. Diperkirakan tablet ini memiliki bentang layar 7 inch dengan resolusi yang belum diketahui

Seperti yang kita tahu, Nintendo tak pernah terlalu berfokus di kemampuan dari segi grafik. Adalah upaya mereka untuk “mendefinisikan” ulang cara kerja gaming itulah yang jadi daya tarik.

Di bagian samping tablet terdapat slot yang bisa dipakai untuk meletakan kontroler portable. Nintendo pun menyebut kontrolernya ini dengan nama Joy-Con. Selain dipasang di samping layar tablet, Joy-Con juga bisa dibuat menjadi sebuah kontroler dengan menggunakan Joy-Con Grip.

Joy-Con pada awalnya terpasang pada Nintendo Switch, membuat konsolnya mirip dengan Wii U. Keunikannya adalah kalian bisa mencabut Joy-Con untuk permainan yang lebih leluasa. Sehingga pengunaannya pun bebas, satu pemain bisa memegang 2 Joy-Con di masing-masing tangan, 2 pemain masing-masing memegang 1 Joy-Con, atau banyak Joy-Con yang terhubung ke Konsol. Nintendo juga sudah menyiapkan aksesoris berupa Joy-Con grip yang membuat controller-nya jadi serupa controller klasik. Selain itu, Nintendo juga akan menghadirkan Pro Controller yang bentuknya lebih standar.


Bila kita lihat dari gambar di atas, Nintendo Switch pasti memiliki fitur multiplayer didukung penuh dengan ragam fitur inovatif. Anda terlihat bisa menghubungkan Switch dengan Switch yang lain secara portable dan memainkannya dengan layar terpisah. Sementara untuk game yang lebih sederhana, kontroler yang sudah ada tersebut bahkan bisa dipecah menjadi dua kontroler terpisah untuk sesi gaming split-screen. Fleksibilitas sepertinya menjadi kunci Nintendo Switch ini.

Inilah hal yang hilang dari console jaman dulu yang mempunyai fitur multiplayer yang yang semakin kesini semua harus menggunakan internet dengan sistem online. Ini adalah salah fungsi sangat penting bagi para gamer - gamer jaman sekarang yang menginginkan bermain bersama teman - teman tanpa memikirkan jaringan internet.

Nintendo sendiri masih belum memberikan spesifikasi rinci dari Nintendo Switch, terutama soal seberapa lama konsumsi baterai untuk bertahan. Satu yang pasti, ini adalah sebuah konsep “Console Multiplayer” yang terlihat tidak sabar untuk mencobanya, setidaknya dari teaser perdana ini. Switch sendiri akan menggunakan catridge dan bukan media disc.


No comments:

Post a Comment