Thursday 25 August 2016

Sejarah Cosplay

sejarah cosplay dan perkembangan cosplay

Bagi temen-temen yang suka nonton anime dan baca komik/manga, pasti temen-temen sudah tidak asing dengan kalimat "Cosplay". Cosplay sangat di minati di Jepang dan berkembang hingga keluar negri termasuk Indonesia.



Maksudnya dari Cosplay itu apa sih?


Menurut definisinya sih Cosplay berasal dari bahasa Jepang "Kosupure". Namun orang jepang membuat istilah dari bahasa inggris yaitu "Cosplay" yang merupakan gabung dari kata "Costume" dan "Play". Cosplay dapat diartikan sebagai kegiatan mengenakan pakaian beserta aksesori yang dipakai oleh tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, game, penyanyi/musisi, dan kartun. Ada quotenya tuh "Bertindaklah sesuai baju yang kita pakai" jadi Cosplay itu bukan hanya mirip dari segi tampilan saja tetapi dalam segi sifat, tingkah laku harus sama juga untuk menunjang kualitas Cosplay teman-teman.

sejarah cosplay dan perkembangan cosplay


Gimana sih Cosplay bisa muncul?


Pada mulanya budaya ini dilakukan oleh orang-orang barat yang memakai kostum (disebut Pesta Topeng) dihari-hari perayaan besar seperti Hari Paskah dan Hallowen. Kemudian tradisi ini sampai ke Jepang pada tahun 1970an dalam acara peragaan kostum (Costume Show). Di Jepang, peragaan "Cosplay" pertama kali dilangsungkan tahun 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa dalam pesta topeng Nihon SF Taikai ke-17.

Kritikus fiksi ilmiah Mari Kotani menghadiri konvensi dengan mengenakan kostum seperti tokoh dalam gambar sampul cerita “A Fighting Man of Mars” karya “Edgar Rice Burroughs”. Pada waktu itu, peserta konvensi menyangka Mari Kotani mengenakan kostum tokoh manga “Triton off the Sea” karya “Osamu Tezuka”. Sehingga media massa sering menulis kostum Triton of the Sea sebagai kostum Cosplay pertama yang dikenakan di Jepang.

Selanjutnya, kontes Cosplay dijadikan acara tetap sejak Nihon SF Taikai ke-19 tahun 1980. Acara cosplay menjadi semakin sering diadakan dalam acara pameran Doujinshi  dan pertemuan antar penggemar fiksi ilmiah di Jepang.

Dalam majalah Fanroad  edisi perdana bulan Agustus 1980, memuat berita khusus tentang “Tominoko-zoku” yaitu sekelompok anak muda yang ber-Cosplay Gundam di kawasan Harajuku. Sebutan itu sendiri diambil dari nama pencipta Gundam, Yoshiyuki Tomino. Walaupun sebenarnya artikel tersebut hanya dimaksudkan untuk mencari sensasi, artikel tersebut berhasil menjadikan "Cosplay" sebagai istilah umum di kalangan penggemar anime.

Kegiatan cosplay dikabarkan mulai menjadi kegiatan berkelompok sejak tahun 1986. Sejak itu pula mulai bermunculan fotografer amatir (disebut kamera-kozō) yang senang memotret kegiatan Cosplay.

Nah gitulah kurang lebih awal mula muncul sampai mulai Cosplay sebagai kegiatan yang menarik.

Itukan dari luar gimana Cosplay di Indonesia sendiri?

sejarah cosplay dan perkembangan cosplay
Mungkin kalo di indonesia Cosplay itu dulu seperti Wayang Orang kali ya, ngomong-ngomong Indonesia. Pada awalnya Cosplay sendiri di Indonesia kurang begitu banyak di kenal. Pada awal 2000an, beberapa event seperti Gelar Jepang UI (GJUI) mengadakan Event jejepangan. Tetapi saat itu belum banyak yang berminat. Berlanjut sampai sekarang hampir setiap bulan selalu ada event cosplay di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Ada beberapa event yang sampai sekarang masih hadir setiap tahunnya:



  • Gelar Jepang. Biasanya ada di Universitas. Umumnya di Universitas Indonesia.
  • Bunkasai. Sekarang sih kayanya sudah hampir semua Universitas.
  • Hellofest.
  • Anime Festival Asia Indonesia (AFAID)
  • Ennichisai
  • CLAS:H
  • Jakarta Comic Con
  • ITGCC

  • juara cosplay indonesia

    Ada kabar gembira nih bagi Cosplayer Indonesia pada tahun ini di Event World Cosplay Summit 2016, yang diadakan di kota Nagoya. Cosplayer yang mewakili negara Indonesia yaitu Rian Cyd dan Frea Mai, Dan yang paling membahagiakan yaitu mereka memenangkan penghargaan World Cosplay Summit 2016 Champion loh!. Selamat ya sudah bisa mebanggakan Indonesia :)



    No comments:

    Post a Comment